Selasa, 13 Maret 2012

Cabe Jamu Bisa Menjadi Tanaman Alternatif

Cabe Jamu Bisa Menjadi Tanaman Alternatif

Harga cabe jamu di pasaran melambung tinggi , terbukti , per satu kilo gram saat ini sudah tembus angka 70 ribu . Bahkan , sejumlah pengusaha memprediksi pada penutupan tahun atau akhir 2012 nanti , harga cabe jamu yang diaggap bisa menjadi tanaman alternatif , bisa mencapai 120 ribu per satu kilo gram .

Di Sumenep , wilayah penghasil cabe jamu terbaik di Kecamatan Bluto , Lenteng , Ganding , Talango dan sejumlah wilayah lain. Selain itu , cabe jamu Sumenep merupakan tanaman herbal terbaik di Jawa Timur . Hal itu berdasarkan pada hasil penelitian pengusaha cabe jamu Sumenep.

Naufal Ali Hisyam , salah satu pengusaha cabe jamu asal Ambunten menuturkan , selama ini banyak petani tidak memperhatikan cabe jamu , padahal , cabe jamu bisa dijadikan sebagai tanaman alternatif. Apalagi , saat ini harganya sudah mencapai 70 ribu rupiah per satu kilo gram kering. Sehingga , tidak ada salahnya dijadikan sebagai tanaman alternatif.

Pria yang juga Anggota DPRD Sumenep ini menuturkan , permintaan ekspor cabe jamu ke Singapura cukup tinggi . Terbukti , Singapura sebagai pintu masuk ekspor-impor meminta pengiriman cabe jamu sebanyak 50 ton per satu bulan .

Sementara , dirinya bersama dengan pengusaha lain , hanya mampu memenuhi 21 ton , itu pun dalam satu kali musim atau satu tahun satu kali. Dari itu , pihaknya berharap Pemerintah memberikan perhatian kepada petani agar cabe jamu lebih diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar