Senin, 12 Maret 2012

Demonstran Tolak Eksploitasi Migas Blokir Jalan


Demonstran Tolak Eksploitasi Migas  Blokir Jalan


 
Setelah aksi saling dorong antara mahasiswa dengan Aparat Kepolisian , para mahasiswa kembali berorasi. Namun para mahasiswa tidak sekedar berorasi, para mahasiswa ini langsung memblokir jalan Trunojoyo Depan Gedung Dewan yang merupakan jalan protokol di Wilayah Kota Sumenep.

Pantauan Madura Channel , mahasiswa memblokir jalan dengan duduk-duduk di tengah jalan sambil membentangkan poster-poster kecaman. Bahkan , mahasiswa langsung tidur-tiduran ditengah jalan. Selain itu, mahasiswa juga berorasi di tengah jalan sambil mengibarkan Bendera Merah Putih.

Aksi penutupan poros jalan utama itu tak urung sempat memacetkan jalan. namun ,  Aparat Kepolisian pun langsung mengalihkan arus lalu lintas ke jalan alternatif. Sehingga , tidak sampai memacetkan kendaraan lalulintas di jalan utama.
 
Dalam orasinya , mahasiswa meneriakkan sejumlah tuntutan, antara lain agar putus kontrak kerjasama dengan semua perusahaan Migas yang tidak bisa mematuhi Permendagri 51,1011 tentang dana bagi hasil Migas.


Selain itu , pihaknya juga menuntut transparansi dana community Development dan Corporate Social Responsibility (CSR). Sebab , selama ini tidak jelas dan ditengarai hanya dinikmati oleh oknom-oknom tertentu.

para mahasiswa ini juga mendesak agar Pemerintah Kabupaten menerbitkan  Perda,Perbup yang memuat Klausul tentang Jaminan Kesejahteraan , Kesehatan, Pendidikan, dan Rehabilitasi Alam Pasca Eksploitasi oleh Perusahaan Migas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar