Jumat, 09 Maret 2012

Persyaratan Longgar, Nyaris 100 Buku Hilang

Persyaratan Longgar, Nyaris 100 Buku Hilang

 Ribuan buku yang menumpuk di rak-rak Perpustakaan Daerah ini , tidak sepenuhnya lengkap. Sebab , puluhan buku yang telah didata , ternyata hilang . Lenyapnya buku milik Perpustakaan ditengarai karena banyak pembaca yang sengaja tidak mengembalikan atau tidak bertanggung jawab .

Berdasarkan data di Perpustakaan Daerah , koleksi buku yang disediakan diperkiarakan berjumalh 37.500 eksemplar dengan total 10 ribu judul buku . Sedangkan buku yang hilang , diperkirakan nyaris 100 eksemplar.

Kasi pengelolaan Perpustakaan Daerah, Fatimah Umar  mengatakan, hilangnya buku tersebut karena dahulu tidak ada denda dan mudahnya persyaratan untuk menjadi anggota. Tetapi kini , sistem yang dilakukan lebih ketat , tapi bukan mempersulit.


Diakuinya , salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh para peminjam adalah peenyertaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan keterangan penting lain. Termasuk juga nomor telepon. sehingga , jika tidak mengembalikan buku yang dipinjam , pihak Perpustakaan menghubungi atau melakukan penjemputan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar