Jumat, 16 Maret 2012

Sumenep Belum Miliki Buku Panduan Tanaman Cabe Jamu


Sumenep Belum Miliki Buku Panduan Tanaman Cabe Jamu

Tidak adanya buku panduan untuk tanaman herbal seperti jabe jamu, membuat Anggota Komisi D DPRD Sumenep geram . Salah satu Naufal Ali Hisyam. Politisi Partai Kebangkibatan Bangsa ini,  mendesak Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Disperta) setempat untuk segera membuat buku panduan tanaman cabe jamu.

Menurut Naufal Ali Hisyam , seharusnya Disperta Sumenep , telah mengeluarkan panduan buku tersebut . Sebab , cabe jamu bisa dijadikan tanaman alternatif dari tembakau yang harganya sudah lama ambruk.

Dia menjelaskan , saat ini harga jabe jamu tembus pada harga 70 ribu per satu kilo gram kering. Itu masih pada permulaan tahun. Sehingga , pada penutupan tahun nanti , diperkirakan harga cabe jamu kering mencapai 120 hingga 130 ribu per satu kilo gram.


Dia menegaskan , jabe jamu di Sumenep menjadi tanaman herbal terbaik di Jawa Timur . bahkan permintaan ekspor ke Singapura , per bulan mencapai 50 ton. Sedangkan Sumenep sendiri , masih mampu mengekspor 21 ton dalam satu musim.

Sehingga, diakuinya , sangat penting Disperta Sumenep membuat panduan tanaman jabe jamu . Sebab , nantinya bisa dijadikan sebagai tanaman alternatif yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar